Kabag Kesra Setdakab Tanah Datar Tinjau Ujian Akhir PPG Tahfizh di IAIN Batusangkar

Terkini.id, Tanah Datar – Setelah melalui masa pendidikan selama enam bulan, 20 peserta PPG Tahfizh Tanah Datar mengikuti ujian akhir dengan tetap mematuhi protokol kesehatan di Gedung Ma’had Aljamiah IAIN Batusangkar, 12-13 Maret 2021

Program ini merupakan kerjasama Pemkab Tanah Datar bersama IAIN Batusangkar dan Yayasan Syarifah Ghani yang dibuka secara resmi oleh Bupati Tanah Datar 7 November 2020 lalu.

Dalam keterangannya kepada media, Kabag Kesra Setdakab Tanah Datar H. Afrizon S.Ag menyampaikan “Bahwa program ini akan berlanjut untuk angkatan kedua, karena program ini akan menjawab persoalan keterbatasan guru guru yang profesional dalam mendidik dan mengajarkan tahfiz, apalagi sampai bulan maret Rumah Tahfizh Tanah Datar sudah berjumlah 219 unit.”

Baca Juga: Audiensi dengan Pemkab Tanahdatar, Pimpinan IAIN Batusangkar Siap Dukung Pembangunan...

“Disamping itu sesuai dengan program unggulan Bupati Tanah Datar Eka Putra dan Richi Aprian akan menyiapkan program 1 rumah 1 haafizh/ah,” ujar Kabag.

“Untuk tim penguji ujian akhir dari Lajnah Tahfizhul Quran Tanah Datar untuk bidang tahfizh dan instruktur sesuai bidang masing masing.” sambungnya.

Ketua Lajnah Tahfizhul Quran Tanah Datar Ust. Hamdani, Lc, MA menguji peserta PPG Tahfizh.

Baca Juga: PPG Tahfizh Tanah Datar Seleksi 28 Mahasiswa IAIN Batusangkar

Dekan Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Batusagkar yang diwakili Wadek III Dr. H. Alimin, Lc.,M.A mengungkapkan, “Sebagai pihak yang termasuk menggagas program ini, kami merasa sangat bersyukur kepada Allah swt program pendidikan guru tahfizh ini dapat berjalan dengan sukses dan kini sudah sampai pada tahap ujian akhir.”

“Kami bersyukur karena ia termasuk suatu hasil akta kerjasama (MoU) yang sukses karena ia termasuk MoU yang benar-benar masuk pada tahap impelementasi, dan tidak termasuk dalam kegiatan rutin di IAIN Batusangkar, tapi merupakan suatu program yang kreatif atau suatu produk pendidikan kolaboratif yang apik antara para ahli pendidikan di IAIN Batusangkar dengan para pakar perguruan tahfizh al-Quran di Tanah Datar.” tutur wadek.

“Dan lebih menggembirakan lagi program ini akan terus berlanjut dan mendapat sambutan yang hangat, aktif, dan progresif dari pihak Pemerintah Daerah Tanah Datar, terutama Bapak Bupati dan Wakil Bupati.” ungkap Dr. Alimin

Baca Juga: Terakreditasi A di BAN PT, Jurusan PBA IAIN Batusangkar lakukan...

“Disamping itu, kita jangan lupa sejarah, bibit ide program ini berasal dari Yayasan Hj. Syarifah Ghani yang langsung membantu secara moril dan materil, lalu ide dikembangkan oleh semua stakeholders. KIta berdoa semoga semua pihak yang ikut andil dalam program ini dibalasi Allah swt dengan ganjaran pahala berlipat, dan program ini terus berlanjut, berkembang, dan melahirkan para ahli yang terampil dalam bidang pendidikan tahfizh al-Quran, amin.” harapnya.

Hadir mendampingi pada ujian akhir Panitia PPG Tahfizh dari unsur dosen IAIN Batusangkar Ust. Syafriwaldi, S.Sos.I, MA, Ust. Hafizhullah, MA, Ust. Dafit Amril, S.IQ, MA.

Bagikan