PPG Tahfizh IAIN Batusangkar Laksanakan Mukhayyam Pemantapan Hafalan

IAIN Batusangkar
Kegiatan Mukhayyam PPG Tahfizh IAIN Batusangkar, 6-7 Maret� 2021.

Terkini.id, Solok – 20 mahasiswa peserta Program Pendidikan Guru Tahfizh kabupaten Tanah, kerjasama Kesra Setdakab bersama IAIN Batusangkar dan Yayasan Syarifah Ghani mengikuti kegiatan Mukhayyam Pemantapan Hafalan di Alahan Panjang resort kabupaten Solok, 6-7 Maret 2021.

Kegiatan ini dihadiri Kabag Kesra Tanah Datar H. Afrizon, S.Ag, Ketua Lajnah Tahfizhul Quran Ust. Hamdani, Lc., MA, Ketua FKRT Ust. Dapri, M.Pd, Panitia PPG yang berasal dari unsur dosen IAIN Batusangkar yaitu Ust. Syafriwaldi, S.Sos.I, MA, Ust. Hafizullah, MA, dan Dafit Amril, MA.

Kabag Kesra H. Afrizon, S.Ag mengungkapkan “Bahwa kegiatan mukkhayyam ini merupakan media memantapkan hafalan peserta yang mengikuti ujian hafalan pada tanggal 13-14 maret 2021 oleh Lajnah Tahfizhul Quran Tanah Datar.”

“Kelulusan ujian hafalan mutqin minimal 5 juz diluar hafalan awal merupakan salah satu persyaratan wajib untuk mengikuti ujian akhir yang dilaksanakan 1 minggu setelah kegiatan ini” tutur Kabag.

PPG Tahfiz ini sudah berjalan dari awal November 2020 yang dibuka secara resmi oleh Bupati Tanah Datar. Kegiatan dilaksanakan selama enam bulan dan diikuti mahasiswa IAIN Batusangkar yang berasal dari Tanah Datar.

Menarik untuk Anda:

Diharapkan dari program ini dapat melahirkan guru yang memiliki kompetensi tahfizh yang akan menjadi pendidik pada rumah tahfizh dan sekolah formal di kabupaten Tanah Datar.

Pada awal April tahun ini akan dibuka gelombang kedua PPG Tahfizh agar bisa memenuhi kuota guru dirumah rumah tahfizh yang berkembang secara pesat di kabupaten Tanah Datar.

Pada tahun 2016 jumlah rumah tahfizh sebanyak 6 unit yang terdaftar dan berkembang menjadi 69 unit di tahun 2017. Meningkat 145 rumah tahfizh pada tahun 2018. Untuk tahun 2019 bertambah menjadi 160 rumah tahfizh dan pada 2020 menjadi 201. Sampai saat ini rumah tahfizh sudah terdaftar di pemkab Tanah Datar berjumlah 217 unit.

Perkembangan rumah tahfizh ini didukung oleh komitmen pemkab Tanah Datar dengan selalu rutin melaksanakan kegiatan Waqaf 1000 Haafizh.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Bupati Safaruddin Buka Pelaksanaan Aksi Konvergensi Percepatan Pencegahan Stunting

Bupati Limapuluh Kota, Buka Kegiatan Konsultasi Publik Rancangan Awal RPJMD Tahun 2021-2026

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar