Pemkab Solok Raih Penghargaan Dari Kemenkumham Sebagai Kabupaten Peduli HAM 2019

Pemkab Solok
Setdakab Solok, Aswirman, terima penghargaan Kabupaten Peduli HAM 2019, Senin 4 Januari 2021

Terkini.id, Solok – Bupati Solok, yang diwakili oleh Setdakab Solok, Aswirman, raih penghargaan sebagai Kabupaten Peduli HAM 2019 oleh Kementerian Hukum dan HAM, yang diserahkan secara langsung oleh Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, pada hari Senin, 4 Januari 2021, di Auditorium Gubernur Sumbar.

Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Solok, R. Andika Dwi Prasetya, dan Kabag Hukum Setda, Syamsul Bahri.

Sekdakab Solok, Aswirman, mengatakan bahwa penghargaan tersebut merupakan wujud apresiasi pemerintah pusat terhadap pemerintah daerah yang terus berupaya memberikan yang terbaik dalam pemenuhan HAM di masyarakat, mengingat bahwa Kabupaten Solok, sudah dua kali mendapat apresiasi dari pemerintah pusat sebagai Kabupaten Peduli HAM, sejak tahun 2017 dan 2019.

“Alhamdulillah, tahun ini kita kembali meraih penghargaan Kabupaten Peduli HAM. Ini adalah yang ke-2 kalinya. Bahkan, dari 11 Kabupaten dan Kota yang mendapat penghargaan serupa di Sumbar”, ujar Aswirman.

“Capaian ini diraih karena Kabupaten Solok gigih memperjuangkan hak-hak dasar manusia. Kita buat program yang perjuangkan HAM, kemudian kita lakukan di organisasi perangkat daerah”, tambahnya.

Menarik untuk Anda:

Dalam sambutannya, Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno mengatakan, bahwa penilaian tersebut merujuk pada 7 hak dasar, di antaranya hak atas kesehatan, hak atas pendidikan, hak perempuan dan anak. Kemudian, hak atas kependudukan, hak atas pekerjaan, hak atas perumahan, dan hak atas lingkungan yang berkelanjutan.

“Tujuh hak dasar itu harus kita penuhi. Lalu kita tuangkan ke dalam kegiatan Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Misal hak atas kesehatan nanti programnya dilaksanaan oleh Dinas Kesehatan”, tutur Irwan Prayitno. (Ag)

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Pemkab Solok Gelar Agenda Penyusunan Analisa Mutu Pendidikan Kabupaten Solok 2021

Bupati Tanah Datar Lakukan Kunjungan Silaturahmi ke IAIN Batusangkar

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar