MTQ Nasional Ke-39 Tingkat Kota Solok Tahun 2020 Resmi Bergulir

Zul Elfian
Pemukulan bedug secara bersama sebagai tanda dibukanya MTQN ke-39 Kota Solok pada hari Jumat, 12 Desember 2020, di Gedung Kubuang Tigo Baleh, Solok.

Terkini.id, Solok – Bergulirnya kegiatan keagamaan tersebut ditandai dengan pemukulan bedug secara bersama oleh Gubernur Sumbar, diwakili oleh Kepala Biro Bina Mental dan Kesra Setda Provinsi Sumatera Barat, Syaifullah, Wali Kota Solok,  H.Zul Elfian, Wakil Wali Kota sekaligus Ketua Lembaga pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kota Solok, Reinier, Wakil Ketua DPRD Kota Solok, Efriyon Coneng, dan Perwakilan Kanwil Kemenag Sumbar, pada hari Jumat, 11 Desember 2020, di Gedung Kubuang Tigo Baleh, Solok.

Tampak hadir, Forkopimda Kota Solok, Sekretaris Daerah Kota Solok Syaiful A, Kakan Kemenag Kota Solok Eri Iswandi, Tokoh masyarakat, para kepala OPD dan perwakilan kafilah MTQ.

MTQ Nasional tersebut kali ini mengangkat tema “Mewujudkan Masyarakat Tangguh dan Religius Menuju Kota Beras Serambi Madinah”. Kegiatan tersebut berlangsung selama tiga hari, 11 sampai 13 Desember 2020.

Sebelum pembukaan diawali dengan defile oleh perwakilan kafilah dari seluruh kelurahan se-Kota Solok sebanyak 10 perwakilan per kelurahan untuk memenuhi protokol kesehatan, karena nantinya seluruh kafilah akan hadir sesuai cabang dan lokasi yang telah ditetapkan panitia.

Ketua LPTQ Kota Solok, Reinier, mengatakan bahwa ajang MTQ sebagai pelecut semangat menjadi lebih baik bagi anak dan guru-guru di MDA, TPA. Dan Reinier berharap, akan muncul Qori dan Qoriah terbaik yang akan mewakili Kota Solok ke tingkat yang lebih tinggi nantinya.

Menarik untuk Anda:

Wali Kota Solok, H.Zul Elfian mengatakan, saat ini Kota Beras Serambi Madinah telah memiliki ribuan hafiz dan hafizah.

“Insya Allah, acara ini tidak hanya kegiatan seremonial, MTQ harus kita galakkan”, sebut Zul Elfian.

Walikota Solok berharap dengan kegiatan tersebut, akan muncul pribadi Qur’ani, keluarga Qur’ani, dan nanti akan terwujud masyarakat Kota Solok yang Qur’ani. Sehingga, Kota Solok akan menjadi Kota yang Baldatun Tayyibatun Wa Rabbun Gaffur.

Zul Elfian juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh panitia dan peserta yang menggelar kegiatan ini.

“Meskipun ditengah pandemi, kita bisa melaksanakan MTQ ini, semoga berjalan sukses dan tetap melaksanakan protokol kesehatan”, imbuh Walikota Solok.

Sementara itu, Gubernur Provinsi Sumatera Barat diwakili Kepala Biro Bina Mental dan Kesra Setda Provinsi Sumatera Barat, Syaifullah mengatakan, perhatian dari Walikota dan jajaran kepada agama, MTQ ini bisa dilakukan meskipun ditengah pandemi. Pada Tahun 2019, pelaksanaan MTQ tingkat Sumbar dengan tuan rumah Kota Solok berjalan lancar dan sukses.

“Qori dan Qoriah serta gurunya di Kota Solok harus selalu dibekali dengan kemampuan yang mumpuni, agar kedepan prestasi Kota Solok dalam MTQ akan semakin bagus juga nantinya”, tutur Syaifullah. (Ag)

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

PPG Tahfizh IAIN Batusangkar Laksanakan Mukhayyam Pemantapan Hafalan

Pemkab Solok Gelar Agenda Penyusunan Analisa Mutu Pendidikan Kabupaten Solok 2021

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar