Bupati Solok Buka Gebyar Gerakan Pendidikan Pemberdayaan Perempuan Mandiri

Gusmal
Bupati Solok, H. Gusmal, SE, MM buka acara GP3M di Gedung Solok Nan Indah, 19 November 2020.

Terkini.id, Solok – Bupati Solok, H. Gusmal, S.E, M.M., membuka Acara Gebyar Gerakan Pendidikan Pemberdayaan Perempuan Mandiri (GP3M), pada hari Kamis, 19 November 2020, di Gedung Solok Nan Indah.

Turut Hadir Direktur Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus, diwakili oleh Balai Pengembangan PAUD dan Dikmas Provinsi Sumatera Barat, Dr. Wisma Edrimon, M.Pd., Kadis Dinas Pendidikan, Zulkisar, Ketua Forum PKBM, H. Syafrizal Ben, Narasumber, Dra. Hj. Sumarni, dan peserta seminar Gebyar Gerakan Pendidikan Pemberdayaan Perempuan Mandiri (GP3M).

Acara ini diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kab. Solok, serta sahabat Dikmas yang diikuti secara virtual melalui aplikasi Zoom Metting di 14 titik PKBM, dengan jumlah peserta sebanyak 350 orang dan diikuti secara tatap muka dan sesuai Protokol Kesehatan. Acara tersebut berbentuk pameran dengan menampilkan hasil produk keterampilan peserta di 10 lembaga penerima bantuan PKHP. Kegiatan tersebut bertujuan dalam rangka bagaimana kaum perempuan, khususnya di daerah marginal agar bisa diberdayakan.

Sekarang pandemi COVID-19 juga hampir membuat semua orang, terutama kaum perempuan terdampak dan rapuh. Maka, dengan gerakan ini memberikan peluang dan penguatan kepada perempuan untuk mendapatkan pendidikan, keterampilan dan kecakapan hidup agar terampil dalam mengembangkan potensi yang di miliknya, yaitu dengan cara memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada perempuan untuk memperoleh pendidikan di masa normal maupun di tengah pandemi COVID-19.

Dan dengan gerakan gebyar tersebut, diharapkan bisa menambah wawasan perempuan agar para perempuan memposisikan dirinya sebagai mitra baik bagi keluarga maupun masyarakat. Sekaligus memberikan tambahan bekal keterampilan kepada kaum perempuan yang terdampak COVID-19 untuk mengembangkan potensi dirinya sehingga menjadi perempuan yang berkepribadian mandiri.

Dasar kegiatan tersebut dilandasi oleh surat edaran nomor 4 tahun 2020, tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan menengah, nomor 4060/C/HK/2020 tahun 2020, tentang petunjuk teknis bantuan pemerintah di lingkungan Direktorat Jendral tentang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. DIPA Satuan kerja Direktorat pendidikan masyarakat khusus tahun 2020, nomor SP DIPA-023.03.1.6666028/2020 revisi 01, tanggal 4 Mei 2020.

“Terima kasih kepada Direktorat Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, yang telah menunjuk Kabupaten Solok sebagai pelaksana kegiatan Peningkatan Kualitas Hidup Perempuan (PKHP)” ujar Gusmal. (Ag)

Konten Bersponsor

Berita lainnya

IAIN Batusangkar Siap Sukseskan Pilkada 2020

Pemkab Padang Pariaman Terima Kunjungan Tim Penilai Kompetensi dan Transparansi Dana Desa

KPU Goes To Campus Dilaksanakan di IAIN Batusangkar

KPK RI Tekankan 8 Area Intervensi Menjadi Aksi Pencegahan Korupsi

Bupati Solok Laksanakan FGD Pengembangan Produk Berbasis Tomat

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar