Dr Sirajul Munir Ikuti Rakor Warek III Perguruan Tinggi Keagamaan Islam se-Indonesia

Sirajul Munir
Rapat Koordinasi Wakil Rektor /Wakil Ketua Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama PTKI se- Indonesia di Hotel Grand Q Gorontalo. , Jumat, 13 November 2020.

Terkini.id, Gorontalo – Wakil Rektor III IAIN Batusangkar Dr. Sirajul Munir, M.Pd ikuti Rapat Koordinasi Wakil Rektor /Wakil Ketua Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama PTKI se- Indonesia berlangsung di Hotel Grand Q Gorontalo. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Direktur PTKI Dirjen Pendis Kemenag RI, Suyitno, Jum’at, 13 November 2020.

Dalam sambutannya, Suyitno mengulas peran penting yang harus dimainkan oleh Wakil Rektor/ Wakil Ketua Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama (Warek/Waket III). Menurutnya, Warek/Waket III memiliki peran strategis karena berhadapan langsung dengan mahasiswa.

“Warek III inilah yang paling beruntung karena paling dekat dengan mahasiswa. Kita dianggap bapaknya mereka. Kita pun nantinya yang akan paling dikenang oleh mahasiswa, jika kita sebagai Warek/Waket III memiliki kepedulian dan perhatian terhadap masalah yang dihadapi mahasiswa,” papar Suyitno.

Pernyataan Direktur PTKI ini menyemangati para Warek/Waket III dengan adanya rumor yang beranggapan bahwa jabatan Warek/Waket III adalah jabatan yang paling merepotkan dan menyusahkan karena setiap harinya berhadap dengan berbagai masalah mahasiswa, termasuk aksi domentrasi mahasiswa setiap saat. Sehingga ada yang mempelesetkan Warek III sebagai jabatan dibidang air mata.

Untuk itu, Suyitno mengajak para Warek/Waket III ini untuk memikirkan kembali program pembinaan kemahasiswaan. “Mahasiswa hari ini adalah generasi milenial yang karakternya serba instan”, paparnya.

“Kita menghasilkan lulusan dalam jumlah ribuan orang setiap tahunnya. Kita harus memikirkan nasib mereka itu ke depannya, agar bisa terserap di dunia industri”.

“Arah pengembangan mahasiswa bukan hanya berorientasi akademik. Mereka sudah harus dibekali dengan skill dan interpreneurship, agar mereka siap dan memiliki bekal setelah kuliah” tambahnya. Pesan Direktur PTKI ini relevan dengan agenda Rakor Warek/Waket III PTKIN se-Indoneia yang akan dibahas selama 4 hari ini, yaitu 13-16 November 2020.

Wakil Rekor III IAIN Batusangkar Dr. Sirajul Munir, M.Pd yang turut menghadiri rakor tersebut, dalam wawancara media menyampaikan “Kita mesti berfikir bahwa pola pembinaan mahasiswa harus mengikuti tren industri 4.0 yang mengedepankan teknologi.”

“Jangan lupa juga bahwa pembinaan soft skill mahasiswa sebuah kemestian.Setiap PTKIN mesti memiliki career center sbg wadah penyaluran para alumni ke dunia kerja,” ungkap Sirajul Munir

Acara pembukaan Rakor Warek/Waket III PTKIN se- Indonesia, selain dihadiri Direktur PTKI, Suyitno, turut hadir dan memberikan sambutan sebagai tuan rumah, Rektor IAIN Sultan Amai Gorontalo, Lahaji Haedar dan sejumlah jajarannya. Hadir juga pejabat Direktorat PTKI lainya, yaitu Kasubdit Sarana Prasarana dan Mahasiswa Direktorat PTKI Ditjen Pendis, Ruchman Basori dan Kepala Seksi Kemahasiswaan, Amiruddin Kuba.

Konten Bersponsor

Berita lainnya

IAIN Batusangkar Siap Sukseskan Pilkada 2020

Pemkab Padang Pariaman Terima Kunjungan Tim Penilai Kompetensi dan Transparansi Dana Desa

KPU Goes To Campus Dilaksanakan di IAIN Batusangkar

KPK RI Tekankan 8 Area Intervensi Menjadi Aksi Pencegahan Korupsi

Bupati Solok Laksanakan FGD Pengembangan Produk Berbasis Tomat

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar