46 Mahasiswa IAIN Batusangkar Ikuti Seleksi Sertifikasi Guru Tahfizh

IAIN Batusangkar
Kampus IAIN Batusangkar

Terkini.id, Tanah Datar – Dalam rangka peningkatan kompetensi guru tahfizh di kabupaten Tanah Datar, IAIN Batusangkar lakukan seleksi 46 calon peserta sertifikasi guru tahfizh secara daring, Jum’at 16 Oktober 2020.

Kuota peserta yang diterima sebanyak 9 orang putra dan 9 orang putri. Peserta seleksi akan diwawancara oleh tim panitia dan penguji yang diketuai oleh Hafizullah, MA.

Kegiatan ini merupakan kerjasama IAIN Batusangkar bersama Bagian Kesra Setdakab Tanah Datar dan Yayasan Hj. Syarifah Ghani Jakarta.
Dekan FUAD IAIN Batusangkar Dr. Akhyar Hanif yang diwakili oleh Wadek III Dr Alimin menyampaikan “Terimakasih kepada panitia yg telah bersungguh sungguh memulai beberapa tahapan awal kegiatan. Dan selamat kepada tim penguji dari para dosen IAT FUAD IAIN Batusangkar yang telah berhasil merumuskan materi uji seleksi.”

“Harapan mudah-mudahan tim panitia dapat menghasilkan kader-kader guru tahfiz yang kwalified secara nasional,” ungkapnya

“Pada tahap paripurna tim dapat menghasilkan standar sertifikasi guru tahfiz yang diakui secara nasional karena IAIN Batusangkar mempunyai SDM kompeten yang terdiri dari ahli al Quran dan ahli pendidikan Islam.” tutur wakil dekan.

Pada kesempatan itu Kabag Kesra H. Afrizon, S.Ag menyampaikan “Sejak di launchingnya Tanah Datar sebagai kabupaten tahfizh oleh almarhum Drs H. Irdinansyah Tarmizi sebagai Bupati maka hadirlah rumah tahfizh yang berkembang secara singnifikan 2017 sebanyak 6 buah, 2018 meningkat 69 buah, 2019 menjadi 145 buah dan sampai bulan Oktober ini sudah hadir sebanyak 180 buah rumah tahfizh.”

“Sementara kita masih sangat kekurangan guru yang menjadi tenaga murabbi di RT tersebut, maka dengan kita lakukan program ini sangat membantu menjawab kekurangan tenaga edukatif tersebut,” sambungnya
Pelaksanaan pelatihan dan sertifikasi ini direncanakan pada bulan November 2020 – Mai 2021 menggunakan pola asrama. Diharapkan setelah menempuh pelatihan dan sertifikasi, peserta memiliki hafalan Al Qur’an 5 juz dalam enam bulan dengan memiliki kompentensi pendidik serta mengelola rumah Tahfizh.

Konten Bersponsor

Berita lainnya

IAIN Batusangkar Sepakati Kerjasama dengan Pemkab Tanah Datar

Peringati Hari Santri Nasional, Pemkab Solok dan Kementerian Agama Ikuti Upacara Bersama Secara Virtual

Dharmasraya Laksanakan Upacara Peringatan Hari Santri Nasional ke-5

Rektor Marjoni Imamora jadi Narasumber Blessed Friday

Kepala BKPSDM Kota Padang Lantik Ice Eryora Sebagai Pejabat Fungsional Widyaiswara Ahli Utama

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar