Bupati Irdinansyah Tarmizi Wafat, Wariskan Teladan dan Banyak Prestasi bagi Tanah Datar

Proses Pemakaman Bupati Tanah Datar Alm. Irdinansyah Tarmidzi, Minggu 20 September 2020.
Proses Pemakaman Bupati Tanah Datar Alm. Irdinansyah Tarmidzi, Minggu 20 September 2020.

Terkini.id, Batusangkar –Innalillahi Wainnailahi Rajiun, Duka yang sangat mendalam dirasakan masyarakat Kabupaten Tanah Datar dan Sumatera Barat, atas berpulangnya ke rahmatullah, Bupati Tanah Datar Drs. H. Irdinansyah Tarmizi pada hari Sabtu 19 September 2020. pukul 19.55 WIB di RSUP M. Jamil, Padang dalam usia 63 tahun.

Beliau meninggalkan seorang istri (Hj. Darmiati Anwar) dua orang putri (dr. Suci Yaumi Syahdati dan drg. Intan Febrina Syahdati) dan menantu (dr. Berriandi Arwan, SPOG dan Ede Rezki Pratama, SE, MM) serta 3 orang cucu (Kanaya Alula Bersya, Prinselia Ghaida adzkiana dan Gavino Aidan Bersya), Malam itu juga, jenazah almarhum dibawa ke rumah dinas Bupati Tanah Datar di Batusangkar untuk disemayamkan dan mengikuti penyelenggaraan jenazah sesuai dengan protokol penyelenggaraan jenazah untuk kepala daerah pada hari Minggu 20 September 2020.

Wabup juga tidak lupa memintakan maaf Bupati Irdinansyah kepada masyarakat Tanah Datar baik di kampung halaman maupun di perantauan dan seluruh pelayat yang hadir, jika sepanjang hidupnya terdapat kesalahan atau pun kekhilafan almarhum, sehingga tidak menjadi penghalang bagi almarhum di akhirat kelak.

Sebelumnya dari pihak keluarga, menantu almarhum Bupati Tanah Datar, Ade Rizki Pratama, yang juga anggota DPR RI, juga memohonkan maaf ayahandanya kepada masyarakat Tanah Datar dan Sumatera Barat serta seluruh pelayat yang hadir, serta menyerahkan penyelenggaraan jenazah almarhum kepada Pemerintah Kabupaten Tanah Datar untuk mengikuti upacara pelepasan dan dikebumikan sesuai protokol yang ada.

Usai disholatkan di Mesjid Al Amin Pagaruyung, Tanah Datar, jenazah almarhum dibawa ke Kantor Bupati Tanah Datar untuk menjalankan prosesi upacara persada melepas kepala daerah yang dipimpin Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan turut berduka cita yang sangat mendalam, dan berharap keluarga dan masyarakat Tanah Datar dapat menerima kepergian ini, serta dapat melanjutkan pembangunan dan apa-apa yang sudah dirintis oleh almarhum semasa hidupnya.

Bupati Irdinansyah Tarmidzi dikebumikan, Minggu 20 September 2020.

“17 Februari 2021 ini jabatan Bapak Irdinasyah Tarmizi selaku Bupati Tanah Datar akan berakhir, namun Allah berkendak lain, semoga amal ibadah almarhum diterima Allah SWT dan diampunkan dosa-dosanya. Untuk kepemimpinan di Kabupaten Tanah Datar tentu akan terus dilanjutkan oleh Wakil Bupati Tanah Datar. Namun karena wakil bupati juga akan menjalankan cuti dari jabatannya karena mencalonkan diri dalam Pilkada Desember nanti, untuk itu, KabupatenTanah Datar akan dipimpin oleh seorang pejabat bupati yang ditunjuk oleh provinsi, nantinya akan diusulkan melalui Kemendagri. Setelah masa cuti Wakil Bupati berakhir, dapat melanjutkan kepemimpinan hingga masa tugas beliau berakhir di Februari 2021 nanti.” ujar Nasrul Abit.

Ratusan masyarakat dan tokoh-tokoh masyarakat, anggota DPR RI, Anggota DPRD Provinsi, bupati dan walikota turut mengantarkan rasa duka cita yang mendalam mulai dari rumah duka di Batusangkar, disambut secara adat di rumah gadang Dt Jindo Mangkuto di Tepi Selo Lintau Buo Utara, menyalatkan di Masjid Nurul Amal Tepi Selo hingga mengantarkan ke peristirahatan terakhir di pemakaman keluarga.

Pemakaman dilakukan melalui upacara apel persada yang melibatkan TNI dan Polri dengan inspektur upacara Wakil Bupati Zuldafri Darma.

Kiprah Bupati Tanah Datar

Semasa hidup Bupati Tanah Datar, Irdinasyah Tarmizi dikenal sebagai pribadi yang baik, agamis, ramah, bijaksana, dan sederhana. Beliau adalah politisi ulung, dengan latar pendidikan agama yang kuat, dan aktif di organisasi Muhammadyah. Sebelum menjabat sebagai Bupati Tanah Datar periode 2015-2020 berpasangan dengan Wakil Bupati Zuldafri Darma, Irdinansyah pernah menjabat sebagai Wakil Bupati Tanah Datar mendampingi Bupati Tanah Datar M. Shadiq Pasadigue dari 12 Mei 2014 hingga 26 September 2015, menggantikan sisa masa jabatan Wakil Bupati sebelumnya, Hendri Arnis, yang mengundurkan diri dari jabatan Wakil Bupati Tanah Datar periode 2010-2015.

Konten Bersponsor

Berita lainnya

Secara Virtual, Pemko Padang Menyaksikan Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-92

ASN Kota Solok Ikrarkan Netralitas Pilkada

IAIN Batusangkar Gelar MTQ Online Tingkat Mahasiswa

IAIN Batusangkar Sepakati Kerjasama dengan Pemkab Tanah Datar

Peringati Hari Santri Nasional, Pemkab Solok dan Kementerian Agama Ikuti Upacara Bersama Secara Virtual

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar