Wabup Tanah Datar Hadiri Pengukuhan Pokdar Kamtibmas

Zuldafri Darma
Wabup Tanah Datar Hadiri Pengukuhan Pokdar Kamtibmas, Jum'at 4 Agustus 2020.(ist)

Terkini.id, BatusangkarDi tengah kondisi negara dan daerah masih dalam pandemi Covid-19 ditambah memasuki pesta demokrasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), tentu dibutuhkan peran lebih dari Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Pokdar Kamtibmas) Resor Tanah Datar.

Hal ini disampaikan Wakil Bupati Tanah Datar H. Zuldafri Darma saat pengukuhan Pokdar Kamtibmas oleh Kapolres Tanah Datar AKBP. Rokhmad Hari Purnomo dan dihadiri Ketua DPRD H. Ronny Mulyadi Dt Bungsu, Dandim 0307/TD Letkol Inf. Edi S. Harahap, Kajari Hardijono Sidayat, Staf Ahli Bupati Bidang Politik Hukum dan Pemerintahan Nuryeddisman, Kepala OPD, Camat, Kapolsek serta Koramil se-Tanah Datar, Jum’at 4 September 2020 di aula kantor Camat Lima Kaum.

“Kita melihat susunan pengurus inti dari Pokdar Kamtibmas ini terdiri dari berbagai kalangan, mulai dari birokrat, akademisi sampai organisasi masyarakat, tentunya bisa menjadikan kelompok ini menjadi pionir ataupun contoh teladan masyarakat dalam menciptakan keamanan dan ketertiban di tengah masyarakat,” ujar Wabup.

Kemudian Wabup disamping menyampaikan selamat atas pengukuhan, ke depannya ia berharap siapapun pemimpin Tanah Datar masa datang, diharapkan turut mendukung eksistensi Pokdar Kamtibmas ini.

“Kita melihat juga bahwa peranan kelompok ini bisa dijadikan potensi yang baik dalam masyarakat, bukan hanya sebagai Kamtibmas, namun juga bisa melakukan peran yang lain, seperti pemahaman tentang agama, adat dan hukum, karena pengurusnya lengkap ada, karenanya tentu tidak salah ke depan legalisasi kelompok ini ada sehingga bantuan-bantuan dari pemerintah bisa juga diperoleh,” tukas Wabup.

Sementara itu Kapolres Tanah Datar AKBP Rokhmad Hari Purnomo yang mengukuhkan Pokdar Kamtibmas menyampaikan selamat atas amanah yang dipercayakan. “Sengaja berbagai elemen kita libatkan dalam Pokdar Kamtibmas ini dengan harapan bahwa keamanan dan ketertiban bisa diwujudkan di tengah masyarakat karena Kamtibmas bukanlah keharusan namun kebutuhan dalam bermasyarakat,” ujarnya.

Kita juga berharap, tambah Kapolres, pengurus inti yang dikukuhkan hari ini mampu bekerja dan membesarkan kelompok ini dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat agar tujuan menciptakan keamanan dan ketertiban bisa dicapai.

“Berbagai konflik sosial, pergerakan pemahaman radikal sampai maraknya peredaran narkoba terjadi dalam masyarakat saat ini. Tentunya dengan bantuan Pokdar Kamtibmas, pihak kepolisian yang personilnya juga sangat terbatas bisa terbantu dalam mengatasi fenomena itu dalam masyarakat,” ujar Kapolres.

Sebelumnya ketua Pokdar Kamtibmas Resor Tanah Datar yang dikukuhkan Asrizallis menyampaikan ucapan terima kasih atas amanah yang diberikan. “Ini merupakan amanah besar yang dipercayakan Polres Tanah Datar kepada kami, apalagi kita lihat dalam kepengurusan inti ada tokoh-tokoh Tanah Datar yang terlibat. Tentunya mohon dukungan, arahan dan petunjuk kita semua, sehingga Pokdar Kamtibmas Resor Tanah Datar mampu menjadi organisasi berdaya guna di masa datang,” tukas Asrizallis yang juga Wali Nagari Cubadak Kecamatan Lima Kaum ini.

Dan ke depan, tambah Asrizallis kandidat doktor sekaligus penyandang 6 gelar magister ini berharap pihak terkait dan Pemda memberikan fasilitasi dan dan dukungan. “Sebagai organisasi yang baru dikukuhkan, kita butuh sebuah gedung sebagai sekretariat, karenanya tentu kami berharap bantuan dan dukungan Pemda, sekira ada gedung aset Pemda yang bisa dipinjam pakai agar kegiatan kita bisa semakin lancar ke depannya,” pungkasnya.(SW)

Konten Bersponsor

Berita lainnya

Jalin Silaturrahmi Dengan Tokoh Media, Satlantas Tanah Datar Laksanakan Cofee Morning

46 Mahasiswa IAIN Batusangkar Ikuti Seleksi Sertifikasi Guru Tahfizh

Pjs Wali Kota Solok Terima Piagam Opini WTP Tahun 2019

Jurusan PMI IAIN Batusangkar Gelar Training Motivasi Enterpreneurship Mahasiswa

Tekan Penularan Covid-19, Pemko Padang Kembali Larang Pesta Perkawinan

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar