Dinas Pariwisata se Sumatera Barat Sepakat Siapkan Destinasi Taat Protokol Kesehatan

Dinas Pariwisata
Wabup Tanah Datar H. Zuldafri Darma bersama Kepala Dinas Parwisata Sumbar H. Novrial dan Ir. Oni Yulvian (Kemeparekraf) serta Dr. Sirajul Munir (Wakil Rektor IAIN Batusangkar).

Terkini.id, Batusangkar – Kesepakatan tersebut disampaikan oleh Kadis Pariwisata Prov. Sumatera Barat H. Novrial pada Rakor Dinas Pariwisata se Provinsi Sumatera Barat.

“Di masa Pandemi COVID 19 Destinasi dan Obyek Wisata yang ketat dalam menerapkan Protokol Kesehatan pasti akan menjadi daya tarik tersendiri dan nilai jual yang tinggi bagi wisatawan” ujar Novrial.

Rakor yang dihadiri Kadis Pariwisata Kabupaten dan Kota se Provinsi Sumatera Barat di Batusangkar dengan tuan rumah Dinas Pariwisata Kabupaten Tanah Datar yang berlangsung Kamis hingga Jumat, tanggal 27 s/d 28 Agustus 2020.

“Kabupaten Tanah Datar berkomitmen tinggi untuk mempersiapkan obyek-obyek wisata serta fasilitas pendukungnya seperti akomodasi, rumah makan dan gerai cindera mata dan lain lain yang disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan, contoh gamblangnya adalah Hotel Emersia tempat dimana Rakor ini diselenggarakan yang mewajibkan pengunjung memakai masker, mencuci tangan, pemakaian fasilitas meeting separuh dari kapasitas maksimal dan seluruh karyawan telah di test PCR SWAB,” ujar Abdul Hakim Kadispar Kabupaten Tanah Datar.

Perlu juga diketahui, sebanyak 102 orang front liner Pariwisata yaitu pekerja hotel, karyawan rumah makan, petugas di obyek-obyek wisata telah melaksanakan PCR SWAB Test. Hal ini bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi wisatawan yang berkunjung ke Tanah Datar,” tambah Abdul Hakim.

Peserta Rakor Dinas Pariwisata se Sumatera Barat di Batusangkar, Kamis 27 Agustus 2020.

Menarik untuk Anda:

Rakor juga menampilkan dua orang pembicara, pembicara pertama yaitu Ir. Oni Yulfian MBTM Direktur Pengembangan Destinasi Regional I Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf yang memberikan pencerahan dengan topik “Penerapan Standar Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan, dan Kelestarian Lingkungan (CHSE) daya tarik wisata”. Pada kesempatan kedua Wakil Rektor Bidang Kerjasama Antar Lembaga IAIN Batusangkar Dr. Sirajul Munir menyampaikan paparan tentang dukungan Perguruan Pariwisata terhadap Pariwisata Sumbar.

Rakor Dinas Pariwisata se Sumbar di Batusangkar ini adalah adalah Rakor ke III yang diadakan pada tahun 2020. Rakor sebelumnya telah diadakan di Kabupaten Agam dan Kota Payakumbuh. Dinas Pariwisata Prov. Sumbar berkomitmen untuk mengadakan Rakor secara rutin dengan tuan rumah yang bergiliran.

Pada setiap Rakor Dinas Pariwisata Sumbar selain menampilkan pembicara yang berkompeten baik dari Kementerian maupun kalangan Profesional, pada hari kedua selalu mengagendakan kunjungan ke Obyek-Obyek Wisata potensial setempat. Kunjungan tersebut bertujuan untuk bersama-sama memberikan masukan untuk pengembangan ke arah yang lebih baik.

Pada Rakor hari ke 2 kali ini di agendakan kunjungan ke Aua Sarumpun, spot indah di Kabupaten Tanah Datar dimana pengunjung bisa menikmati keindahan Danau Singkarak dan Festival Ekraf dengan Tema ” Pagelaran Seni di Atas Awan”.(rls)

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Tim Penegakan Hukum Perda AKB Limapuluh Kota Gelar Operasi Yustisi

DPRD Kabupaten Tanahdatar Gelar Paripurna Pengusulan Pemberhentian Bupati dan Wakil Bupati 2016-2021

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar